Diposkan pada Tanpa kategori

Pengalaman Membuka Rekening Mandiri

Bank Mandiri

 

Salam sejahtera.

Semoga Anda semua dalam keadaan sehat walafiat, banyak rizki dan panjang umur.

Berikut akan saya ceritakan bagaimana caranya membuka rekening mandiri, siapa tau agan dan sista ada yang belum tahu. Hehe. Coz kemarin ane baru saja buka rekening Mandiri + ATM nya buat keperluan penerimaan gaji dari perusahaan, kan udah ketinggalan kalau selalu terima cash.

Pertama-pertama cari dulu kantor cabang bank mandiri terdekat. Jangan lupa siapkan syarat-syaratnya yaitu:

  1. KTP atau SIM atau Paspor
    Banyak yang mengeluhkan mengenai ini, KTP tidak sesuai dengan domisili tempat tinggal atau lokasi bank yang akan buat mendaftar. Juga mengenai E KTP dan KTP biasa. Namun tenang, baank Mandiri masih menerima KTP daerah lain bukan e-KTP juga diterima tapi dengan syarat Anda bawa juga kartu nama perusahan tempat anda bekerja atau surat keterangan Anda bekerja di perusahaan.
  2. Kartu nama perusahan
    Gunanya hanya untuk mengisi data-data sewaktu mengisi formulir pendaftaran. Kalau ada kartu ini, proses akan dipermudah.
  3. Uang Rp500.000,00 buat setoran awal
    Sama seperti bank-bank lainnya, setoran awalnya sebanyak minimal Rp500.000,00. Nanti disetorkan ke teller dan masuk ke saldo. Sebenarnya setelah rekening jadi, hari itu juga bisa diambil lewat ATM. Tapi kalau transfer, tunggu 24 jam setelah ATM diaktifkan.
  4. Uang receh minimal Rp6.000,00
    Kebetulan ane kemarin gak harus pake materai sih.

 

 

Proses Pendaftaran Rekening Bank Mandiri

Setelah 4 syarat di atas sudah siap, langsung saja menuju ke kantor cabang bank mandiri yang lokasi alamatnya terdekat. Biar tidak lama antre, usahakan datang jangan di hari senin tanggal muda. Untuk jamnya terserah.

  • Saat masuk melewati pintu, anda akan disambut senyum ramah oleh security bank / satpam. Katakan padanya anda hendak buka rekening baru.
  • Untuk saat ini kemungkinan satpam akan memberikan pilihan apakah anda ingin mengisi formulir pendaftaran secara online atau gak. Keuntungan pengisian formulir secara online adalah nantinya proses akan lebih cepat.
  • Kalau anda memilih pilihan online, anda akan diantar ke ruangan yang disediakan meja dan komputer untuk mengisi formulir sendiri. Kalau anda memilih yang tidak online, nantinya anda disuruh ambil nomor antrean.
  • Jika selesai mengisi formulir secara online, jangan lupa catat nomor regiatrasi yang tertera di layar monitor. Setelah itu anda akan dikasih nomor antrean.
  • Setelah tiba giliran nomor antrean anda dipanggil, maka petugas bank akan memanggil dan mengecek data yang anda sudah isikan tadi. Jika semuanya sudah benar, maka anda tinggal tanda tangan ini itu dan sah lah anda mendaftar rekening di bank mandiri. Petugas akan memberikan buku tabungan dan tentunya kartu ATM.
  • Jika anda memilih pilihan tidak online, setelah nomor antrean dipanggil, anda baru akan mengisi formulir pendaftran secara tertulis di atas kertas biasa. Jika selesai, nantinya akan sama pada poin nomor 5 di atas.
  • Setelah itu anda serahkan uang Rp500.000,00 ke teller

 

Produk – produk yang ada di Bank Mandiri

  1. Mandiri Tabungan
    Jenis tabungan yang satu ini paling umum di Bank Mandiri. Setoran awal tabungan ini adalah Rp 500 ribu.
  2. Mandiri Tabungan Rencana
    Mandiri Tabungan Rencana merupakan tabungan yang mewajibkan Anda menyimpan uang dengan nominal tertentu setiap bulannya. Tabungan ini juga memberikan ekstra perlindungan Asuransi.
  3. Mandiri Tabungan Haji
    Tabungan Mandiri ini menyediakan produk mandiri tabungan haji yang mengakomodir pembayaran BPIH dengan sistem tabungan.
  4. Mandiri Tabungan Bisnis
    Tabungan ini sangat cocok untuk pelaku bisnis. Bank Mandiri menawarkan produk ini untuk memberikan segala kemudahan dan kenyamanan sehingga segala transaksi bisnis Anda terasa lebih jelas dan lengkap.
  5. Mandiri Tabungan Valas
    Mandiri Tabungan Valas merupakan pilihan tepat kebutuhan anda dalam bentuk simpanan USD Dollar. Tabungan anda pada rekening tersebut dipastikan memberikan keuntungan, kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi.

Kemarin pas ane sih ambil Mandiri Tabungan Rencana ganj, iseng – iseng sih sebenarnya. Jadi itu minimal nya 1 tahundan untuk setoran awalnya 100.000/bulan. Itu terdebet otomatis dengan tanggal yang kita tentukan jadi gak ribet buat setoran. Tentukan tanggal yang fleksibel setelah gajian biar langsung masuk rekening tabungan rencana. Setelah 1 tahun, otomatis juga langsung masuk ke rekening utama mandiri kita gan. Misalkan setoran pertama tidak bisa, nanti langsung double di bulan selanjutnya. Ketika dalam jangka waktu 3 bulan tidak ada penyetoran karena saldo tidak cukup misalnya, itu langsung dihentikan dan kena denda pula. Jadi harus benar – benar konsisten menabung agan dan sista. Buat masa depan kita pula. entah pendidikan, menikah dana lainnya sesuai keperluan saja.

Nah disitu juga nanti kita dapat surat sertifika pula agan sista.

Sebagai tambahan, ane asal Puring, Kebumen tapi membuka rekening Bank Mandiri di Bandung bisa ko, ngga ribet pula. Asalkan persyaratan di atas dipenuhi, ane sih senjata pusakanya itu surat keterangan kerja. Kalau ngga ada itu sih kemungkinan besar ditolak, apalagi KTP ane yang masih KTP biasa. Tapi lancar sih.

Misal ditayakan mengenai NPWP bilang saja belum punya, karena kemarin menurut informasi dari security sama teteh cantiuk yang disana hanya diperuntukan kalau gaji di atas 3 juta per bulan. Tapi kalau punj misal dibawah 3 jut, masih lancar jaya bisa buka rekening. Bagusnya lagi ATM kita ada nama kita pula gan

Berbeda ketika ane jauh – jauh dari Bandung ke Kebumen pas libur kerja sehari mau buka Rekening Mandiri di KCU G*M***G malah ditolak dikarenakan belum punya E KTP.

 

Begitulah sekiranya Cara dan Syarat Buat atau Daftar Rekening Bank Mandiri Terbaru.

Iklan

Penulis:

Asal Kebumen, mencintai gadis Garut (h). Penyuka tahu isi dan pesekmu.

12 tanggapan untuk “Pengalaman Membuka Rekening Mandiri

  1. Kalau pengalaman saya si tiap cabang itu kebijakannya beda-beda
    Untuk npwp misalnya ada yg ngotot harus pakai npwp padahal belum punya penghasan
    begitu juga maslaah tlp rumah, ada cabang yg mewajibkan padahal sekarang siapa yg masih pasang tlp rumah 🙂

    Yang paling lucu, e-ktp dipermasalahkan karena ada masa berlakunya padahal kalau mau cari info di internet ada pengumumannya kalau e-ktp yg ada tanggal masa berlakunya sama aja dengan yg berlaku seumur hidup jadi ga perlu buat baru kecuali rusak.

    Singkat kata, saya sampe harus datang ke 3 cabang untuk buka tabungan mandiri doang, agak kesel dengan cabang2 sebelumnya tapi ya sudahlah pikir saya toh sy berhasil juga buka rekening baru

    Disukai oleh 1 orang

    1. Iya benar begitu sih, agak aneh juga klo mnurutku pake nomor telepon rumah,
      Ya mgkin cukup utk nmbah ilmu saja, nggak bisa buka atm mandiri di domisili bisanya di daerah lainn, ironi memang

      Suka

      1. Oh iya tambahan mas, kalau mau buka rek mendingan sekalian bawa kartu keluarga terutama kalau ibu rumah tangga & ga punya npwp.
        Dulu pas istri saya buka rek mandiri ditanya KK juga tapi kali ini cabangnya ga terlalu ribet jadi tanpa npwp tanpa no telp rumah bisa langsung jadi

        Suka

  2. Tanya dong kak, kan aku baru buka jg mandiri hr ini. Habis aku setor trus udh kan pulg, nah dh smpe rumah bingungnya itu di buku tabungannya sebenarnya ditulis setoran awalnya ga sih?

    Suka

  3. Saya buka rekening tabungan rencana ,katanya mau dikirim ke email no rekeningnya,tpi ditunggu hampir 1 bln kok blm dikirim,itu gmana solusinya ya?sedangkan saya lagi di luar Negri.Trims

    Suka

    1. Maaf baru sempet buka nih gan, kalau sistem yg begitu sya kurang paham gan, tapi sewaktu saya begitu buka rekening baru lgsg buka tabungan rencana, lgsg jadi saat itu juga, lengkap dgn jatuh tempo dan no rekening juga, mungkin bisa coba hubungi saja atau kirim email aja gan ke mandiri nya utk prosedur yg lebih jelas

      Suka

  4. mbak abang ak mau numpang nanya , saya baru buka rekening pas saya keluar pengen nyoba in lihat cek saldo tpi ngak bisa kartu nya keluar kembali mohon pencerahan ny

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s