Diposkan pada Tanpa kategori

Naik Kereta Api Ekonomi Kutojaya Selatan

4b405460683416a45a2f2ef9dd400c67.jpgAda yang belum pernah naik kereta api? Belum pernah? Cobain dech sekali-kali yah. Bebas kemana saja, kalau nggak ada tujuan sama sekali, ya ambil pulang pergi, tidur di stasiun hahaa dan bakal digelandang mungkin.

Disini ane mau berbagi pengalaman naik kereta api Indonesia.

Sebenarnya ane sering juga sih naik kereta api, setiap tahun pasti naik lebih dari beberapa kali, wajar saja ane kan anak perantauan dari Kebumen ke Kota Bandung. Sebenarnya dari kecil juga sering sih diajak kesana kesini sama mamah papah, hahahaa, dan sampai saat ini ane paling jauh cinta ama yang namanya kereta api, paling suka. Palig gumun sama kereta daripada sama kendaraan lainnya. Entah kenapa, unik kali yah. Punya jalan sendiri yang disebut rel, panjang pula.

Yang mau ane ceritakan disini ane naiknya kereta kutojaya selatan milik Daop  5 PWT. Dari yang semula belum memakai AC masih korok kotor disana sini sampai ekarang yang nyaman dengan AC. Dari harga 19.500, 35.000 sampai sekarang yang 65,.000 udah ernah alamain, sampai yang gratis juga pernah, iyah kan dibayarin hahahaa, gratiskan?

Begini, rumah ane yang di Kabupaten Kebumen memang jauah gan, di pelosok tapatnya. Di desa Tambakmulyo, Kec. Puring, Kabupaten Kebumen. Kalau mau nail keretata ane selalu ke stasiun besar gombong. Jargak dargi rumah ke Stasiun sekitar 20 Km. Alternatif kendaraan umum kalo dari depan rumah yah itu bisa jalan kaki sekitar 500 m, stay di jalan raya Puring – Suwuk menunggu angkutan umum Bus Micro jurusan Kebumen – Pantai Suwuk, bisa ambil rute naik Puring atau Suwuk. Kalau ane sih biasanya ambil ke Puring, ongkos micro Rp 3.000 (5 KM). Jalan kaki sekitar 100 M menuju terminal Puring naik angkot merah jurusan Puring – Gombong dengan model carry, kecil kan  mobilnya. Disitu hanya ada beberapa angkot yang ngetem, dan selalu ada hanya saja kadang lama juga ngetemnya gan smapai kencot atau lapat hayang makan. Sekitar 20-40 menitan lah sampai ke stasiun Gombong, Rp 10.000. Lumayan kan jauh 15 KM. Tinggal masij stasiun dech.

Sesampainya di stasiun ane biasa cargi bangku kosong gan, buka hp baca sms, buka sosmed, dll hehe sambil nunggu kereta hampir datang. Ceta tiket dulum kalau tiket memang belum diprint  di CTM ( Cetak Tiket Mandiri ). Tinggal deketin ntu mesin, santai saja deketinnya, pegang dan ikuti petunjuk yang ada disitu, kalo nggak bisa sih minta bantuan saja sama petugas disitu, pasti dibantu dan nggak akan diminta uang rokok hehehe. Selesai tinggal nunggu kereta datang.

Ehh iya gan, masuk dulu ke peron stasiun sambil ditunjukan itu tiket asli sama identitas asli kamu. Kalo oke langsung masuk, nunggun kereta datang dan berhenti. Biasanya ditarik sama Lokomotif CC 201, yang suara klaksonnya emang merdu menurut ane sih, kadang juga ditarik sama Lokomotif CC 206, seri terbaru yang paling keren dengan 2 kabin depan dan belakang, khasnya ya tenaga lebih besar dab klaksonnya cempreng, lucu sih.

Tiket dicek lagi ada di gerbong berapa kursi nomor berapa jangan sampai salah perhitungan nanti nunggu kereta bberhentinya di sebelah mana, ya biar nggak lama ajah naik ke gerbongnya gan. Jangan sampai tiket tertera di gerbong 1 ehh nunggu nya di perlintasan kereta kan nggak lucu tuh, hahahaa atau nunggunya di paling belakang, waduh bakal estafet tuh nanti, ngos ngosan urung nggawa barange akeh, waduh mumet rika akhire,.

Duduk manis di dalam kereta, kalo ame sih enaknya di deket jendela dan konfigurasi kursi yang 2 (A B) Males kalo yang bertiga, rungseb..

Dan naaik kereta ekonomi emang paling rubes, riet. Dari berbagai kalangan masyarakat. Kalo penuh waduh,, belum lagi kalau udah bareng sama yang namanya anak kecil, bayi, iyah kalo dia baik gak rewel, kalao rewel, bakal ngga ada kesan dech naik kereta, mau tidur saja pasti susah dan keganggu,

Nikmati pemandangan di sisi kanan kiri kereta, mulai dargi perumahan warga, persawahan, pegunungan, kalan raya, dll. Paling indah sih memang kawasan jalur selatan pemandangannya gan, apalagimkalo udah memasuki Daop 2 Bandung, wuih jangan ditanya dech,,

Dan ane paling males beli makanan di dalam kereta, selain mahal juga nggak enak bro, jauh ahh sama bikinan mamah. Ane saranin sih mending bekel dari rumah, irit gan. Kalau lapar paling nunggu di stasiun Cipendeuy, biasanya berhenti paking lama sih. Bisa turun dulu, beli makanan bebas weh sakahayangna didinya,

——–Tertidur di perjalanan——- Wajar saja gan, sesampainya di Bandung harus masuk kerja shift 3 jam 23:00

Dimana beli tiketnya?

Bisa di stasiun kereta api

Datang ke stasiun ambil antrian, ambil formulir dan isi sesuai dengan rencana perjalanan Agan. Tunggu sampai dipanggil sama Ticketing, tunjukan reservasinya, bayar dech. Selesai dapat tiket. Kalo di stasiun gak ada biaya administrasi alias nett,

Bisa di agen penjualan tiket (Tour & Travel, Dll)

Sama sih prosedurenya kaya di stasiun, hamya ada biaya administrasi untuk kelas ekonomi, free untuk Bisnis dan Elsekutif class.

Bisa via Internet

Bisa via tiket.com, dan aplikasi lainnya via android, jangan lupa download dulu ya,

Cukup segitu yah agan agan sekalianm semoga bermanfaat.

Ohh iya, ane lampirkan juga nih, jadwal perjalanan KA Kutojaya Selatan

KA 203 Kutojaya Selatan (Kutoarjo – Kiaracondong)

Stasiun Kedatangan Keberangkatan
Kutoarjo 09.20
Kebumen 09.46 09.48
Karanganyar 10.00 10.02
Gombong 10.11 10.13
Sumpiuh 10.29 10.31
Kroya 10.43 10.47
Maos 11.01 11.07
Sidareja 11.53 11.57
Langen 12.21 12.29
Banjar 12.41 12.50
Tasikmalaya 13.41 13.48
Cipeundeuy 14.38 14.48
Cicalengka 16.10 16.18
Kiaracondong 16.38

KA 204 Kutojaya Selatan (Kiaracondong – Kutoarjo)

Stasiun Kedatangan Keberangkatan
Kiaracondong 21.00
Cipeundeuy 22.40 22.51
Tasikmalaya 23.41 23.45
Karangpucung 00.30 00.39
Banjar 00.47 01.00
Langen 01.12 01.19
Sidareja 01.43 01.45
Maos 02.27 02.29
Kroya 02.43 02.45
Sumpiuh 02.57 03.21
Gombong 03.37 03.39
Karanganyar 03.48 03.50
Kebumen 04.02 04.04
Kutoarjo 04.30
Iklan

Penulis:

Asal Kebumen, mencintai gadis Garut (h). Penyuka tahu isi dan pesekmu. Persiapan Mahar Ar Rahman, 2021 Insya Allah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s